Kain Batik

Apa Itu Batik Tulis? Bagaimana Mengenali Ciri-ciri Batik Tulis?

Batik Tulis adalah hasil dari proses produksi batik dengan teknik pembuatan motifnya ditulis langsung secara manual oleh pembatik menggunakan malam. Untuk menulisnya, bisa menggunakan canting yang terbuat dari tembaga yang dilengkapi gagang dari bambu. Ujung dari canting memiliki lubang yang bermacam-macam, sehingga bisa mengatur ukuran motifnya. Selain itu, ada bak penampung canting yang dinamakan dengan nyamplung. Alat ini berisi cairan malam atau pewarna, tergantung dari teknik batik yang nantinya akan digunakan. Batik tulis warna merupakan teknik batik tulis dengan menorehkan cairan malam melalui canting tulis.

Langkah-langkah pembuatan batik tulis malam hampir sama dengan batik cap. Perbedaanya bisa dilihat pada motifnya, batik cap motifnya berulang-ulang, sedangkan batik tulis malam motifnya unik seperti menggambar dengan bebas. Perlu diperhatikan cucuk canting harus berlubang dan harus ditiup agar membran cairan mudah terbuka.

Lalu, cairan malam bisa dioleskan sesuai motif yang sudah digambar terlebih dahulu pada kain batik. Tahapan selanjutnya yaitu proses pewarnaan. Batik tulis colet warna merupakan teknik batik tulis dengan menorehkan warna melalui canting tulis langsung ke kain. Proses pembuatan batik tulis colet ini samadengan menggambar di kanvas dan untuk hasil yang indah sangat ditentukan oleh kemampuan serta kreatifitas tangan si pembatik.

Perlu diperhatikan juga langkah-langkah pembuatan batik tulis ini. Pertama, bentangkan kain mori, lalu gambar sketsa yang akan dibuat menggunakan pensil. Cairan warna ditorehkan menggunakan canting tulis secara teliti. Setelah selasai ditorehkan cairan malam untuk satu pakaian, selanjutnya adalah proses pewarnaan.

Bilas dengan soda, kemudian di jemur. Jika dirasa sudah kering, kemudian di setrika dengan baik. Terakhir, apabila yang ditorehkan adalah zat pewarna dan sudah selesai semuanya untuk satu pakaian, maka selanjutnya adalah mengkilapkan warna dan memperkuat bahan-nya dengan klerak.

Berikut adalah ciri-ciri batik tulis :

  • Motifnya tidak berulang dan terkesan luwes.
  • Kombinasi warna bisa lebih banyak dan warna dasarnya bisa gelap atau cerah.
  • Tinta batik tulis menembus sampai kain belakang.
  • Harga cenderung lebih mahal daripada batik dengan teknik cap maupun printing.

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar Terbaru

    Arsip

    Image Widget

    Halaman Facebook

    Batik Bhara Karsa melayani pemesanan Kain Batik, Seragam Batik, Kaos Batik, Kemeja Batik, dan lain-lain dengan berbagai motif yang beragam dan menarik untuk Anda pakai sehari-hari.

    Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa hubungi kami di kontak yang tertera pada manu Hubungi Kami.

    X